Selasa, 05 Maret 2013

pengertian NAT

Pengertian NAT pada jaringan komputer, NAT adalah Singkatan dari “Network Address Translation” NAT menerjemahkan alamat IP dari komputer dalam jaringan lokal untuk satu alamat IP, biasanya menggunakan IP publik atau IP addres yang di berikan oleh provider. Alamat IP address ini sering digunakan oleh router yang menghubungkan komputer ke Internet. Router dapat terhubung ke modem DSL, modem kabel, garis T1, atau bahkan modem dial-up.
Ketika komputer lain pada internet mengakses komputer dalam jaringan lokal, mereka hanya melihat alamat IP dari router. Hal ini menambah tingkat keamanan ekstra, karena router dapat dikonfigurasi sebagai firewall , hanya mengizinkan sistem yang berwenang untuk mengakses komputer dalam jaringan.
Setelah sistem dari luar jaringan telah diizinkan untuk mengakses komputer dalam jaringan, alamat IP ini kemudian diterjemahkan dari alamat router untuk alamat unik komputer. Alamat ini ditemukan di ” NAT table” yang mendefinisikan alamat IP internal komputer pada jaringan.
Tabel NAT juga mendefinisikan alamat global terlihat oleh komputer di luar jaringan. Meskipun setiap komputer dalam jaringan lokal memiliki alamat IP tertentu, sistem eksternal hanya dapat melihat satu alamat IP saat menghubungkan ke salah satu komputer dalam jaringan.
Untuk mempermudah, translasi alamat jaringan membuat komputer di luar jaringan area lokal ( LAN ) hanya melihat satu alamat IP, sementara komputer dalam jaringan dapat melihat alamat unik masing-masing sistem.
Dengan kondisi seperti ini NAT membantu dalam keamanan jaringan, itu juga membatasi jumlah alamat IP yang dibutuhkan oleh perusahaan dan organisasi. Menggunakan NAT, bahkan perusahaan besar dengan ribuan komputer dapat menggunakan satu alamat IP Public untuk menghubungkan ke Internet.

0 komentar:

Posting Komentar